Kemenag Kota Bima Apresiasi Ra Al-Ikhlas Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar

Bagikan Berita:

Kota Bima, Gema NTB – Setelah 2 tahun tidak bisa menggelar kegiatan wisuda atau pelepasan siswa didik karena faktor pandemi Covid-19. Lembaga Pendidikan Islam dengan Program layanannya PAUD KB, RA AL-IKHLAS Kota Bima. Hari ini Sabtu,18 Juni 2022 akhirnya bisa melaksanakan acara Wisuda Penyematan Bintang Prestasi Angkatan Ke – XII.

Wisuda bersama Angkatan Ke – II TKITQ AR-RAHMAN Kota Bima tersebut digelar di Aula LLK-UMKM Disnaketrans Kab. Bima yang berlokasi di Kel. Jatiwangi Kota Bima mulai Pkl. 08.00 wita hingga pkl. 11.00 wita serta dihadiri oleh beberapa pejabat dari kemenag Kota Bima dan Dikbud Kota Bima beserta para wali murid yang didominasi oleh ibu-ibu.

Kegiatan pelepasan siswa yang akan melanjutkan jenjang pendidikan ketingkat yang lebih tinggi tersebut dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Bima Drs. Furkan Aroka dan Zulkarnain, S. Pd, Kasi Sarpras dan Kelembagaan PNF dan Dikmas bersama Kasi PAUD Hidayat S. Pd.

Para pejabat dari Kemenag dan Dikbud Kota Bima serta Wali Murid saat mengikuti rangkaian acara wisuda.


 

Adapun jumlah siswa – siswi yang diwisuda terdiri dari siswa/i Kelompok Bermain (KB) PAUD Al-Ikhlas sebanyak 15 orang, dari siswa/i RA Al-Ikhlas sebanyak 42 org,  dan siswa/i TKITQ Ar-Rahman Kota Bima sebanyak 8 orang yang mengikuti proses Wisuda Pelepasan/Penyematan Bintang Prestasi pada tahun ajaran 2021-2022 ini.

Pengelola Lembaga Pendidikan Islam Al-Ikhlas dan TKITQ Ar-Rahman Kota Bima, St. Ma’ani, S. Pd dalam kata pengantarnya menyampaikan Para siswa didik yang di wisuda hari ini lulus dengan kemampuan menulis dan membaca, menghafal Juz 30, menghafal puluhan hadits-hadits dan do’a-do’a pilihan. Mereka juga sudah dibekali dengan kemampuan dasar berkomunikasi 3 bahasa, yakni Indonesia, Arab dan Inggris.” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, St. Ma’ani  S.Pd yang  juga merupakan Pengelola Yayasan Al-Mukhlishin Kota Bima itu menyampaikan harapan besarnya agar dinas terkait seperti Kemenag Kota Bima Kasi Penmad dan Dikpora bidang PNF dan Dikmas Kota Bima untuk terus mendukung dan memfasilitasi segala kebutuhan penunjang pendidikan dilingkup sekolahnya.

Pengelola Lembaga Pendidikan Islam Al-Ikhlas dan TKITQ Ar-Rahman Kota Bima, St. Ma’ani, S. Pd saat menyampaikan Kata Pengantar.


Acara wisuda tersebut mengusung tema, “Melalui Wisuda Angkatan Ke – XII PAUD KB, RA AL-IKHLAS Kota Bima dan Angkatan Ke – II TKITQ AR-RAHMAN Kota Bima Tahun Pelajaran 2021-2022. “Pendidik dan Tenaga Pendidikan Berkomitmen Meningkatkan Mutu Pendidikan dengan Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar demi Terwujudnya Generasi Qur’ani yang Bermartabat, Unggul dalam Prestasi serta Santun dalam Perilaku”.

Kepala Kemenag Kota Bima yang diwakili oleh Kasi Pendidikan Madrasah  Bima, Drs. H. Furkan Aroka, dalam kata sambutannya mengapresiasi, “Baru RA Al-Ikhlas ini yang berani memunculkan tema tentang Kurikulum Merdeka Belajar, kami akan follow-up apa yang diinginkan oleh Kepala RA Al-Ikhlas tadi.” tegasnya yang disambut oleh riuh tepuk tangan para hadirin.

Zulkarnain, S.Pd, Kasi Kelembagaan dan Sarpras PNF dan Dikmas melanjutkan, “Baru Kota Bima dan Lombok Timur yang pertamakali melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar sebagai guru penggerak di Provinsi NTB, kita harus bangga.” ungkapnya. Kasi Penmad juga mengulas bahwa beberapa waktu lalu sering menimpa RA ataupun Madrasah yang mendapat surat ilegal terkait adanya bantuan. “Jangan sampai kita terkecoh, tidak ada info bantuan melalui surat tapi lewat aplikasi”. jelasnya.

Para wali murid yang didominasi oleh kaum ibu sangat antusias mengikuti jalannya acara wisuda.


Sementara itu, Kabid PNFI Dikbud Kota Bima dalam sambutannya menyampaikan, “TKITQ Ar-Rahman ini baru 2 tahun terakhir kita berikan izin operasional dan setelah melalui penilaian pemetaan mutu, Alhamdulillah TKITQ ini telah mendapatkan Status Akreditasi B, luar biasa,” apresiasinya.

Ditambahkannya pula, bahwa untuk tahun 2022 PAUD, RA, TK Swasta sudah bisa mengajukan bantuan sarana dan prasarana yang disebut Banfisik, tidak dibedakan lagi antara negeri maupun swasta. “TKITQ Ar-Rahman sudah layak mendapatkan bantuan itu, silahkan diajukan sendiri melalui Dapodik di menu Sarpras, disini tidak ada perantara tapi langsung”. jelasnya.

Pengelola LPI Al-Ikhlas, St. Ma’ani, S.Pd yang dikonfirmasi terkait status Akreditasi di lembaganya menjelaskan, selain TKITQ Ar-Rahman yang sudah Terakreditasi B, RA Al-Ikhlas terlebih dahulu telah mendapatkan Akreditasi B pada tahun 2017, “Begitupun dengan PAUD KB Al-Ikhlas yang sudah terakreditasi B pada tahun 2018 yang lalu.” jelasnya.

Prosesi penyematan bintang prestasi bagi siswa – siswi yang lulus.


Saat seremoni acara berlangsung, acara diawali dengan atraksi keterampilan siswa/i  meliputi bacaan hadist-hadits dan do’a serta  lantunan lagu-lagu islami. Kemudian diacara inti ada pertunjukkan percakapan bahasa Arab dan bahasa Inggris, baca puisi, penyampaian pesan dan kesan dalam 3 bahasa yakni Indonesia, Arab dan Inggris.

Penyampaian pesan dan kesan dalam 3 bahasa yakni Indonesia, Arab dan Inggris oleh perwakilan siswa yang diwisuda.


Kemudian pada acara puncaknya dilakukan prosesi penyematan bintang prestasi bagi siswa – siswi yang lulus. Suasana semarak dan penuh haru mewarnai proses dilepasnya siswa-siswi yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat SD, Madrasah dan sederajat tersebut. /Gm-ER

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.